in

Wujudkan Kedaulatan Ekonomi, PP Pemuda Muhammadiyah Godok 16 Kader

PEMUDAMUHAMMADIYAH.ORG, LEMBANG – Wujud keseriusan mencetak 1000 orang Pengusaha Muda, Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah kembali menggelar diklat dan pelatihan khusus bagi 16 orang wirausahawan selama 18 hari (13 November-1 Desember).

16 orang terpilih adalah peserta yang lolos tahap seleksi dari 56 peserta awal di bulan September.

Bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Lembang, para peserta akan mendapatkan materi tentang kompetensi pertanian hidroponik dan budidaya lele bioflok beserta prakteknya secara langsung.

“Mereka juga mendapatkan keterampilan pemberdayaan masyarakat sehingga harapannya ketika mereka pulang dapat menumbuhkan para pengusaha baru di daerahnya masing-masing,” ujar Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan Horo Wahyudi, Jumat (13/11).

Pasca pelatihan, dari 16 peserta yang terlibat nantinya akan dipilih 3-5 orang terbaik sebagai tim inti pelatihan bidang hidroponik dan lele bioflok bagi Pemuda Muhammadiyah di seluruh indonesia.

Proses Panjang Gerakan Pengusaha Berkemajuan

Bagi Horo Wahyudi, PP Pemuda Muhammadiyah sangat serius dalam menerjemahkan keputusan Muktamar Makassar 2015 yang menjadikan ekonomi sebagai pilar ketiga.

Pelatihan di BLK Lembang merupakan satu rangkaian panjang dari berbagai program berkesinambungan yang telah dilakukan PP Pemuda Muhammadiyah, terutama melalui Gerakan Pengusaha Berkemajuan (GPB).

Tercatat, PP Pemuda Muhammadiyah sedikitnya telah melaksanakan 5 program berbeda dengan basis pendampingan ekonomi yang berjenjang dan beragam dari bidang digital, UMKM, pertanian, peternakan yang selanjutnya akan diperluas hingga bidang jasa.

Perbedaan program sendiri disesuaikan dengan potensi dan kebutuhan ekonomi di masing-masing wilayah setelah PP Pemuda Muhammadiyah melakukan roadshow dan pemetaan ke seluruh provinsi.

“Banyak kader kita baik yang masih kecil atau yang sudah menjadi pengusaha besar jaringannya belum tergarap. Kami tidak bisa memberi uang tunai tapi kami bisa memberikan ilmu dan jaringan,” tutur Horo.

“Harapan kami kemandirian ekonomi dapat tercapai, minimal Pemuda Muhammadiyah mampu memberikan dampak bagi perbaikan kondisi bangsa karena pertumbuhan pengusaha otomatis juga menumbuhkan ekonomi,” imbuhnya. (Afn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0