in

Upaya Kedaulatan Pangan dan Ekonomi, PP Pemuda Muhammadiyah Bangun Pusat Pertanian Terpadu

PEMUDAMUHAMMADIYAH.ORG, BREBES – Usaha mewujudkan kedaulatan pangan dan kedaulatan ekonomi, PP Pemuda Muhammadiyah sukses menggelar TOT bagi Kader Pemuda Muhammadiyah bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Lembang pada November 2020.

Menindaklanjuti kesuksesan program itu, Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah membuka Green Youth Farm, yakni sebuah lahan pertanian terpadu seluas 6.000 m persegi di Brebes Jawa Tengah.

Ketua Ekonomi PP Pemuda Muhammadiyah Horo Wahyudi mengungkapkan bahwa Green Youth Farm memadukan secara terintegrasi empat sektor pertanian yaitu pertanian hidroponik, budidaya ikan, ayam petelor, dan budidaya maggot.

“Pertanian terintegrasi ini merupakan bentuk ikhtiar sebagai proses kemandirian pangan Pemuda Muhammadiyah. Sehingga dalam produksi pertanian terpadu ini mampu memberikan solusi bagi warga sekitar dan tentunya warga umum nanti melalui produksi pangan yang efektif dan bernutrisi tinggi,” ujar Horo, Selasa (6/4).

Pusat Pertanian Terpadu menurut Horo juga akan menyerap warga dan pemuda setempat untuk memberdayakan diri di sana.

“Semua ini adalah bentuk nyata dari Pemuda Muhammadiyah yang berpemikiran untuk kemandirian pangan. Pembangunan sudah 80 persen dan target kami bulan Ramadan sudah mulai dalam proses pembiakan atau pembibitan sehingga pada tiga bulan berikutnya diproyeksikan kita bisa melakukan panen raya di Green Youth Farm ini,” tutup Horo.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0