in

Tinjau Pembangunan Youth Farm, Cak Nanto Dorong Akselerasi Dakwah Bil Hal

PEMUDAMUHAMMADIYAH.ORG, BREBES – Dalam lawatannya ke Jawa Tengah, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Cak Nanto menyempatkan diri berkunjung ke Pusat Pertanian Terpadu Youth Farm, Bumiayu–Brebes, Ahad (6/6).

Didampingi Bendahara Umum Zaedi Basiturrozak PP Pemuda Muhammadiyah, kunjungan itu dimaksudkan meninjau progres pengembangan Youth Farm sebagai basis percontohan kemandirian pangan yang dikelola oleh Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Bumiayu.

“Launching kita targetkan akhir bulan Juni. Pembangunan ini mundur karena bantuan dari CSR BRI diberikan secara bertahap sehingga kami harus membangun infrastruktur terlebih dahulu, baru kita melakukan progress berikutnya,” ungkap Agus, Ketua PCPM Bumiayu.

Sesuai skema, di lahan seluas 6.000 m2 ini akan dikembangkan penyediaan makanan bernutrisi tinggi dari budidaya ayam petelur, ikan lele, ikan mujaer, ikan nila sirip merah dan hidroponik yang dikembangkan melalui pakan maggot.

Setelah meninjau progress Youth Farm ini, Cak Nanto berharap pusat pertanian terpadu ini tidak hanya menjadi etalase dakwah bilhal (kultural) Pemuda Muhammadiyah, tapi juga sebagai penopang pengembangan dakwah Muhammadiyah.

“Sering saya sampaikan kalau ada orang lapar jangan diberi nasihat as sobru minal iman, tapi kasih makan dulu baru diberi ilmu. Kebanyakan di kita, banyakan kalau orang lapar dikasih as sobru, maka marahlah dia,” pesan Cak Nanto.

“Ini etalase saja, jangan dianggap proyek. Kalau dianggap proyek anda akan kecewa karena hasilnya akan sedikit. Tapi kalau teman-teman mampu menjadi kader yang ahli lalu dikembangkan lebih luas, maka kemanfaatannya juga akan luas. Saya yakin, mari jadikan ini sebagai bagian dari lahan dakwah kita, ikhtiar kita untuk mengamalkan nilai Muhammadiyah dengan model dakwah seperti ini,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0