in , , ,

Tingkatkan Kualitas Fastabiqul Khairat dan Amar Makruf Nahi Munkar, KOKAM Terus Berbenah

PEMUDAMUHAMMADIYAH.ORG, JAKARTA – Di samping berbagai divisi yang ada di dalam tubuh gerakan Pemuda Muhammadiyah, terdapat badan organisasi khusus yang bergerak dalam bidang kemanusiaan, kebencanaan, dan ekologi. Badan tersebut adalah KOKAM atau Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah.

Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Cak Nanto, KOKAM adalah bagian dari gerakan Pemuda Muhammadiyah dalam meluaskan pengamalan prinsip fastabiqul khairat dan amar makruf nahi munkar Persyarikatan Muhammadiyah.

“Prinsip-prinsip Muhammadiyah menjadi prinsip Pemuda Muhammadiyah juga. Jadi bagaimana menciptakan ruh keikhlasan, kemanusiaan dan ruh tauhid yang semua ini terpendam dalam tubuh Muhammadiyah pasti juga menjadi bagian dari Pemuda Muhammadiyah juga,” tutur Cak Nanto.

“Jadi bagaimana kader-kader KOKAM memiliki prinsip-prinsip Muhammadiyah yang harus terpatri dalam jiwa para kadernya guna memberi solusi pada persoalan yang selama ini bisa jadi belum ketemu solusinya, menerapkan amar makruf nahi munkar dengan cara-cara yang makruf,” imbuhnya.

Dalam dialog reflektif Bulan Ber-Muhammadiyah TVMU, Rabu (5/1) Cak Nanto mengungkapkan KOKAM memiliki fungsi lain di luar tiga bidang di atas. Misalnya menjaga keamanan para tokoh Muhammadiyah dan aset-aset Amal Usaha Muhammadiyah (AUM).

Pada periode ini, dirinya menuturkan bahwa Pemuda Muhammadiyah berupaya meningkatkan kualitas organisasi KOKAM dari pendisiplinan seragam, standarisasi visi, gerakan dan pelatihan, hingga spesialisasi keahlian para kadernya yang memungkinkan untuk membantu gerak Persyarikatan.

“Jadi dengan semua gagasan baru dan model baru, semoga KOKAM jadi embrio baru, model baru bagi aktualisasi kader KOKAM yang memiliki spesialisasi baik pelatihan fisik, rohani, intelektual yang terbentuk dalam tubuh KOKAM,” ungkapnya.

Semua usaha ini menurut Cak Nanto dilakukan agar aktivitas Fastabiqul Khairat dalam prinsip kemanusiaan terus mengalami peningkatan kualitas.

“Maka menjadi prinsip setiap orang di dalam Pemuda Muhammadiyah untuk tidak ada yang diam. Semua bergerak untuk menjadi orang terbaik sehingga menghasilkan manfaat yang lebih baik pula. Maka berfastabiqul khairat adalah prinsip bagi kader-kader Pemuda Muhammadiyah untuk selalu melakukan inovasi, berlomba-lomba mempersiapkan diri menjadi orang terbaik yang dalam hadis disebutkan khairunnas anfa’uhum linnas,” pungkas Cak Nanto.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0