in , ,

Sambut Pilkada Serentak, Pemuda Muhammadiyah Wujudkan Komitmen Kebangsaan

PEMUDAMUHAMMADIYAH.ORG, JAKARTA – Meningkatkan partisipasi positif masyarakat jelang Pilkada serentak 9 Desember esok, Bidang Komintel Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah bersama Kementerian Kominfo RI pada Ahad (6/12) mengadakan diskusi webinar untuk mewujudkan Pilkada Serentak yang sehat.

Meski mengkritik gelaran Pilkada di tengah pandemi, Pemuda Muhammadiyah tidak lantas lepas tangan. Sekretaris Jenderal PP Pemuda Muhammadiyah Zulfikar Ahmad Tawalla menyatakan bahwa Pemuda Muhammadiyah akan tetap berpartisipasi mewujudkan Pemilu yang sehat sesuai prinsip demokrasi.

“Sejak pandemi, Pemuda Muhammadiyah sudah berusaha maksimal baik dari edukasi hingga penanganan pandemi. KOKAM ada di garda terdepan dalam advokasi korban meninggal karena Covid, berusaha meringkankan beban dari pandemi. Kita punya tanggung jawab bersama agar besok tidak menimbulkan klaster baru Covid-19,” tegas Zulfikar membuka acara.

Ke depan, Pemuda Muhammadiyah akan melibatkan kader dan Gugus Tugas Covid-19-nya di seluruh provinsi untuk memastikan Pilkada berjalan sesuai protokol kesehatan dan prinsip demokrasi.

“Karena keputusan pilkada tetap terlaksana, maka seharusnya kita sebagai anak bangsa memahami bahwa demokrasi menjadi proses penentuan masa depan dan keterwakilan membangun daerah kita masing-masing. Karenanya, maka seharusnya duta-duta pemuda menjadi corong informasi memastikan bahwa Pilkada ini terjamin sehat secara fisik dan secara prosedur,” imbuh Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Cak Nanto.

Pilkada Serentak Tanggung Jawab Bersama

Sementara itu, Kominfo sendiri sejauh ini telah menayangkan lebih dari enam ribu iklan layanan masyarakat terkait mewujudkan pemilu yang sehat. Karenanya, Dirjen IKP Kemenkominfo Widodo Muktiyo mengapresiasi komitmen Pemuda Muhammadiyah yang dianggapnya membantu tugas penyebaran informasi dan komunikasi publik Kominfo.

Senada dengan Widodo, Komisioner Bawaslu RI Rahmat Bagja dan Komisioner KPU RI Ilham Saputra turut mengapresiasi peran Pemuda Muhammadiyah.

Sebab selain menghadapi pandemi, tugas berat penyelenggara juga dihadapkan pada berbagai kedisiplinan peserta pemilu. Sampai hari ini, Bawaslu RI menurut Bagja masih menemukan berbagai laporan dan temuan tentang tindakan pelanggaran Pemilu dalam berbagai jenis.

“Saya berharap PP Pemuda Muhammadiyah ikut mengawasi seluruh proses Pilkada dan membantu teman-teman Bawaslu dan KPU,” harapnya.

Diskusi webinar kali ini menghadirkan Komisioner Bawaslu RI Rahmat Bagja, Komisioner KPU Ilham Saputra, dan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Widodo Muktiyo, diskusi webinar ini merupakan seri ke-3 terkait bahasan Pilkada.

Sebelumnya PP Pemuda Muhammadiyah menggelar webinar bersama Mendagri RI, Ketua KPU RI, Satgas Nusantara Polri dan Komisi III DPR RI pada 10 Oktober dan 16 November.

“Kami berharap masyarakat khususnya Pemuda Muhammadiyah untuk ikut membangun narasi positif,” ujar penyelenggara acara Ketua Kominfo PP Pemuda Muhammadiyah Gusman Fahrizal. (afn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0