in

Muhammadiyah Siagakan 15 RS, Pemuda Muhammadiyah Tekankan PHBS

Virus Corona Covid-19

PPPM – Muhammadiyah menyiapkan 15 rumah sakit PKU Muhammadiyah untuk menangani pasien virus corona-19. Muhammadiyah juga telah melakukan simulasi langsung penanganan pasien yang positif virus corona.

“Kami siap membantu tangani corona, kami punya 15 (rumah sakit) di beberapa kota besar,” kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 2 Februari 2020.

Muhammadiyah mengimbau masyarakat tidak panik terhadap penyebaran virus corona menyusul dua WNI asal Depok, Jawa Barat, yang positif virus corona. Ia meminta masyarakat tetap mengandalkan pihak medis jika mengalami gejala yang mirip virus corona.

“Yang penting masyarakat tidak panik dan tetap andalkan usaha yang sifatnya medis. Infrastruktur rumah sakit juga harus siaga semua dan tentu kita sambil terus ikhtiar dan berdoa,” tuturnya

PP Pemuda Muhammadiyah melalui Pimpinan Wilayah Pemuda Muhamadiyah (PWPM) Bangka Belitung sebelumnya telah menggelar dialog kesehatan mengenai virus corona. Dialog menghadirkan praktisi kesehatan dr Meliano Robiansyah Sp PD dan Dwi Puji Arianto SKM.

Acara yang dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dan masyarakat umum itu diikuti 40 peserta dan diselenggarakan di Balai Kacang Pedang, Jumat 21 Februari 2020.

Dialog mengenai kesehatan ini diselenggarakan dalam rangka mengembangkan informasi secara millenial. Diketahui informasi terkini yang menjadi perhatian masyarakat dunia, tidak terkecuali di Indonesia adalah virus corona yang sedang mewabah di Wuhan.

“Mudah-mudahan dengan adanya dialog kesehatan ini kita bisa mendapat sesuatu yag bermanfaat untuk kedepannya, terutama dalam mengali penyebab virus corona dan mengenal cara hidup sehat,” kata Ketua PWPM Babel Andika Saputra.

Praktisi kesehatan dr Meliano dalam paparannya mengungkapkan mengenai sejarah mengenai virus corona, dimana disampaikan bahwa virus ini sudah ada sejak tahun 1990 sampai saat ini.

“Pada Tahun 1990 virus ini sudah ada, namun hanya ditemukan 4 jenis yang ditemukan pada makhluk hidup termasuk hewan, tidak menyerang manusia”

“Pada saat ini keberadaan virus ini berkembang menjadi tujuh jenis, yang mana jenis tersebut mulai menyerang manusia,” sambung Meliano.

Dijelaskan, penularan virus corona ini dapat terjadi melaui hewan ke hewan, hewan ke manusia dan manusia ke manusia. Ia juga mengakui jika virus corona hanya bisa sembuh sesuai dengan daya tahan tubuh.

“Untuk menghindari virus ini, maka harus rajin-rajin mencuci tangan, menghindari daerah yang ramai dan menggunakan maske,” jelasnya.

Penulis: admin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0