in ,

Keterlibatan Pencegahan Covid-19 Adalah Tindakan Mulia Sekaligus Implementasi Jihad Kemanusiaan

PPPM – Pemerintah Provinsi DKI telah memperpanjang masa Tanggap Darurat Bencana sampai tanggal 19 April 2020. Beberapa penelitian ilmiah menyebutkan puncak Virus Corona akan terjadi pada April 2020 dan diprediksi baru berakhir pada September 2020.

Untuk mengantisipasi semakin menularnya Virus Corona semua pihak perlu untuk bekerjasama sehingga penangananya cepat, tepat dan terukur. Dan, hal ini disadari betul oleh Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta sebagai organisasi kepemudaan untuk ambil tanggung jawab dengan berbagai elemen organisasi masyarakat lainnya.

Tercatat program sudah dilakukan sejak tanggal 20 Maret sampai tanggal 19 April 2020. Beberapa program dan langkah yang dilakukannya antara lain Gerakan Bantu Rumah Ibadah dan Sekolah Lawan Covid-19 dengan melakukan penyemprotan disinfeksi serta mendistribusikan hand sanitizer ke 100 rumah ibadah dan sekolah yang ada di Jakarta.

Berikut pemberian bantuan alat cuci tangan dan handwash bagi masyarakat dalam lingkup terkecil yaitu Rukun Tetangga (RT). Bantuan ini ditargetkan tersebar ke 500 RT se-Jakarta.

Bayu Herdayana, Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta mengatakan, pihaknya tengah mengupayakan progam lanjutan penanganan Virus Corona. Progam lanjutan ini untuk memastikan kebutuhan pangan dan kebutuhan fisik tenaga medis masyarakat terpenuhi.

Adapun bantuan yang akan disalurkan diantaranya 5.000 paket sembako meliputi beras, minyak goreng, gula pasir dan mie instan. Bantuan vitamin dan masker bagi tenaga medis dan masyarakat rentan ekonomi. Kampanye perilaku hidup bersih dan sehat dan penerapan physical distancing untuk mencegah penularan Corona serta Memproduksi 3000 liter cairan disinfektan dan sabun cuci tangan secara mandiri.

Bayu berharap aksi nyata yang dilakukannya dapat menggerakkan masyarakat sipil dan organisasi kemasyarakatan lainnya untuk saling peduli, saling berbagi dan saling melindungi.

“Bagi Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta terlibat dalam tugas kemanusiaan adalah tindakan yang hebat dan mulia sebagai implementasi jihad kemanusiaan,”

“Menolong negara dan bangsa ini dengan seluruh kemampuan yang kita punya adalah wujud kecintaan terhadap bangsa dan negara. Itulah bentuk Jihad yang dibutuhkan sekarang ini termasuk dalam masalah Virus Corona,” demikian Bayu.

Penulis: admin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0