in ,

Di Kaki Pegunungan Meratus Kalsel, Cak Nanto: Dakwah Perlu Pengorbanan

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Cak Nanto
Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Cak Nanto

PPPM – Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Cak Nanto menyambangi Desa Patikalain, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, 22-23 Februari 2020. Bersama Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Selatan, Cak Nanto menjadi narasumber utama dalam kegiatan bertemakan “Meretas Jalan Dakwah Pegunungan Meratus” tersebut.

Dalam kesempatan itu, Cak Nanto menyampaikan beberapa motivasi kepada kader-kader Pemuda Muhammadiyah Kalsel dan kader persyarikatan pada umumnya. Utamanya berkaitan dengan pendidikan bagi anak-anak di Kaki Pegunungan Meratus, yakni agar tetap semangat menempuh pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

“Jika ada anak-anak Desa Patikalain yang tidak bersekolah, laporkan ke Muhammadiyah. Insyaa Allah Muhammadiyah siap membantu,” kata dia pada sambutan di hadapan Pemuda Patikalain.

Cak Nanto juga mendorong anak-anak muda Meratus agar Pemkab Hulu Sungai Tengah (HST) meminjamkan mobil operasional untuk dakwah Pemudah Muhammadiyah di desa-desa terpencil. Ia menyampaikan pesan ini langung kepada Wabup HST, Berry N Furqon yang hadir dalam acara tersebut.

“Berdakwah memang perlu pengorbanan, tapi harus konsisten dalam berdakwah,” ucapnya.

Ketua Pemuda Muhammadiyah Kalsel, Meldy Muzada Elfa, dalam kesempatan itu menyampaikan keinginannya adanya mobil operasional dakwah bagi para dai ke pelosok desa. Bukan tanpa alasan, jumlah pemeluk Islam di daerah pedalaman Meratus belum mencapai 50 persen.

Sementara itu, Wakil Bupati HST Berry N Furqon mendukung secara penuh kegiatan yang digelar dakwah Pemuda Muhammadiyah ini. Untuk operasional mobil dakwah, Berry mengaku akan mendiskusikan di jajaran pemerintahan.

“Harapan besarnya kegiatan ini lebih luas lagi tidak hanya ada di Desa Patikalain,” pungkasnya.

Syahadatkan 9 Orang
Dalam kunjungannya ke Kalsel, Ketua PP Pemuda Muhammadiyah juga memimpin langsung pengucapan ikrar syahadat sembilan warga Desa Patikalain, Hulu Sungai Tengah. Cak Nanto membimbing ke-9 warga setempat untuk memeluk agama Islam di Masjid Ar-Rahim Desa Patikalain.

Pensyahadatan ini bersamaan dengan agenda peresmian Desa Mualaf binaan PWPM Kalimantan Selatan yang mengangkat tema Meretas Jalan Jalan Dakwah Komunitas Muslim dan Mualaf Pegunungan Meratus.

Cak Nanto berpesan kepada PWPM Kalimantan Selatan agar terus memperhatikan para mualaf dengan melakukan pendampingan dan bimbingan yang intensif untuk menjaga keimanan dan pemahaman mereka dalam melakukan ibadah.

Selain itu juga menyampaikan kepada para mualaf lain untuk terus menjaga persaudaraan seiring melekatnya iman, dimana yang dulu hanya sebatas persaudaraan sebangsa dan se-tanah air, sekarang menjadi saudara seiman, sebangsa dan se-tanah air.

Sumber:
jejakrekam.com
suryamuda.com

Penulis: admin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0