in ,

Covid-19 Berdampak pada Ekonomi Warga, PW Pemuda Muhammadiyah Kaltim Bagi-Bagi Sembako

PPPM – Untuk mencegah agar penyebaran Covid-19 tidak semakin meluas, pemerintah mengimbau kepada warga untuk belajar, beribadah, dan bekerja dari rumah serta melakukan physical distancing. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dari orang ke orang.

Wabah virus Corona pun membawa dampak ekonomi bagi warga kurang mampu. Khususnya mereka yang tergantung pada pekerjaan harian untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

Untuk membantu beban mereka, Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Kaltim membantu dengan membagi-bagikan sembako ke beberapa daerah di Samarinda.

“Kami memberikan bantuan kepada masyarkat Samarinda seperti ojek online, pedagang asongan, pemulung, penyapu jalanan atau petugas kebersihan, takmir dan marbot masjid, penjaga rumah ibadah dan penjaga sekolah,” ujar Ketua PWPM Kaltim, Kusyanto.

Pria yang akrab disapa Mas Kus tersebut mengatakan, keterlibatan PWPM dalam memberikan bantuan berupa sembako merupakan kewajiban bagi seluruh komponen masyarakat untuk meringankan beban warga yang membutuhkan bantuan dari orang lain. Selain itu, PWPM juga membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan dalam memutuskan mata rantai Covid-19, seperti penyemprotan disinfektan di beberapa fasilitas umum.

Lebih lanjut, kata Kusyanto, merebaknya wabah Covid-19 dan kebijakan physical distancing berdampak pada ekonomi masyarakat menengah ke bawah, terutama masyarakat berpenghasilan harian yang menjerit dengan situasi saat ini. Dengan motif inilah, PWPM Kaltim terpanggil untuk melakukan aktivitas sosial kemanusiaan yang merupakan bagian dari tujuan Pemuda Muhammadiyah dalam menjadikan gerakan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar, gerakan sosial kemasyarakatan, tolong menolong (ta’awun) dengan memahami setiap persoalan yang timbul dan kebutuhan lingkungan dimana Pemuda Muhammadiyah melakukan amal karya nyatanya.

“Mudah-mudahan, bantuan kami dapat meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan keluarganya selama pemerintah memberlakukan pysical distancing. Kami juga memerintahkan seluruh PWPM se Kaltim melakukan hal yang sama dalam memberikan bantuan kepada masyarkat di masing-masing daerahnya,” ucapnya.

Selain itu, Kusyanto juga menghimbau kepada masyarakat Kaltim untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban selama physical distancing, menghimbau masyarakat untuk tidak mudik sampai situasi dinyatakan aman, menyayangi keluarga termasuk yang berada di kampung halaman, serta mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu-membahu dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Sumber : kaltimtoday.co

Penulis: admin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0