in

Cak Nanto Ingatkan Pentingnya Solidaritas Sosial Cegah Wabah Virus Covid-19

PPPM – Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah (PPPM) Cak Nanto mengajak semua pihak untuk bersama-sama mencegah penyebaran wabah virus Covid-19. Virus Covid-19 ini diketahui telah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai wabah Global dan dinyatakan Pemerintah Indonesia sebagai bencana non-alam

“Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sudah dibentuk dan tengah bekerja, namun kinerja gugus tugas tidak akan berjalan maksimal jika tidak dibarengi kesadaran seluruh anggota masyarakat mengenai bahayanya virus corona,” tegas Cak Nanto kepada wartawan, Selasa 17 Maret 2020.

Disampaikan, wabah virus corona sebagai kejadian luar biasa harus cepat ditindaklanjuti pencegahannya secara sungguh-sungguh, masif dan terkoordinasi dengan baik Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta melibatkan semua pihak. Penyampaiannya juga perlu dilakukan secara terbuka dan komprehensif sehingga masyarakat tercerahkan.

Dengan begitu, semua pihak ikut dan merasa bertanggungjawab untuk bersama-sama dan bahu-membahu melakukan pencegahan. Salah satunya dengan memperhatikan pola hidup sehat dari lingkungan terkecil yakni keluarga. Kebiasaan atau pola hidup sehat ini sangat penting dengan menjaga kebersihan dan tidak lupa mengikuti protokol pencegahan Covid-19.

“Berikan penjelasan yang memadai mengenai wabah virus corona sehingga masyarakat tercerahkan bagaimana bersama-sama melakukan pencegahan mulai dari hal-hal kecil dilingkungan keluarga,” jelas Cak Nanto.

Muhammadiyah dan Pemuda Muhammadiyah khususnya, lanjut kader Muhammadiyah asal Madura itu, dalam menangani wabah virus corona sendiri sudah mengeluarkan maklumat yang ditujukan ke semua level pimpinan. Dimana dalam maklumatnya meminta kegiatan yang melibatkan massa seperti pengajian, seminar, pertemuan dan kegiatan sosial ditunda pelaksanaanya.

Untuk Pemuda Muhammadiyah, mengimbau seluruh kadernya untuk ikut aktif terlibat dan membantu pemerintah dalam mensosialisasikan mitigasi awal agar tidak tertular virus Covid 19. Berikut memupuk semangat dan optimisme bahwa bangsa ini mampu melewati wabah Covid 19.

“Mari, bersama kita tingkatkan solidaritas sosial sebagai anak bangsa. Sikap seperti menimbun masker, hand sanitizer, meraup keuntungan di tengah bencana adalah sikap tidak terpuji,” kata Cak Nanto.

Terakhir, Pemuda Muhammadiyah mengajak kepada seluruh kadernya untuk ikut aktif terlibat dan membantu pemerintah dalam mensosialisasikan mitigasi awal agar tidak tertular virus Covid 19, serta terus memupuk semangat dan optimisme bahwa bangsa ini mampu melewati wabah Covid 19.

Penulis: admin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0